Penyebab Penebalan Dinding Rahim (Hiperplasia Endometrium)

Penting sekali untuk setiap perempuan mengetahui penyebab penebalan dinding rahim atau hiperplasia endometrium, sehingga Anda bisa melakukan pencegahan sedini mungkin.

Ketebalan dinding rahim dapat mempengaruhi siklus menstruasi Anda. Yang perlu di perhatikan adalah jika terjadi penebalan di dinding rahim, pendarahan yang hebat bisa saja terjadi selama menstruasi.

Bahkan, penebalan dinding rahim yang terjadi pada lansia dapat menyebabkan terjadinya pendarahan setelah menopause.

Apa Saja Faktor Pemicu dan Penyebab Penebalan Dinding Rahim ?

Penyebab Penebalan Dinding Rahim
USG Transvaginal untuk mengetahui ketebalan dinding rahim

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami penebalan dinding rahim. Hormon estrogen yang terlalu banyak tanpa diimbangi hormon progesteron merupakan penyebab utama penebalan dinding rahim.

Estrogen dan progesteron umumnya akan mengalami penurunan saat terjadi pelepasan darah menstruasi. Nah, pada kasus penebalan dinding rahim ini, progesteron tidak dibuat, sedangkan hormon estrogennya terus di produksi, sehingga lapisan rahim tidak meluruh.

Penebalan dinding rahim sebaiknya segera mendapatkan penanganan. Karena, pada beberapa kasus penebalan dinding atau hiperplasia endometrium ini bisa berkembang menjadi kanker.

Faktor Risiko Penebalan Dinding Rahim

Selain kebihan hormon estrogen, Anda juga harus tahu, bahwa ada faktor lain yang dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami penebalan dinding rahim. Faktor-faktor tersebut meliputi:

  • Obesitas atau berat badan berlebih
  • Memiliki PCOS atau sindrom ovarium polikistik
  • Siklus menstruasi yang tidak teratur
  • Penggunaan pil kontrasepsi yang bertindak seperti estrogen maupun penggunaan jangka panjang estrogen dengan dosis yang tinggi pasca menopause
  • Belum pernah hamil
  • Usia di atas 35 tahun
  • Merokok
  • Mendapatkan menstruasi pertama pada usia di bawah 11 tahun
  • Memiliki keluarga dengan riwayat penebalan dinding rahim, kanker ovarium, atau kanker rahim.

Pencegahan bisa dilakukan dengan menghindari faktor-faktor pemicu dan penyebab penebalan dinding rahim di atas.

Salah satu caranya Adalah dengan mengubah gaya hidup Anda secara keseluruhan menjadi lebih sehat dan berusaha mengendalikan berat badan Anda agar tidak melebihi batas normal (obesitas).

Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi makanan sehat, terutama sayur dan buah serta menghindari makanan berpengawet dan tinggi lemak.

Mengelola stres, istirahat cukup, dan segera melakukan pemeriksaan jika mendapati kondisi yang aneh pad atubuh Anda dapat mencegah kondisi yang lebih parah dari penebalan dinding rahim.

Baca Juga Informasi Lainnya : Pengobatan Penebalan Dinding Rahim Secara Alami

Demikian informasi mengenai penyebab penebalan dinding rahim (hiperplasia endometrium) yang bisa saya share di sini. Semoga, artikel kesehatan ini bermanfaat untuk Anda.

SALAM SEHAT
By : obatjantungtradisional.com

Leave a Reply