Kebiasaan Yang Bisa Mempengaruhi Kesehatan Liver

Menjaga liver atau organ hati agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik itu memang susah, apalagi jika kita tidak mengetahui kebiasaan yang bisa mempengaruhi kesehatan liver itu sendiri.

Pasalnya, memang ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari sering dilakukan tersebut dapat mempengaruhi kesehatan dan fungsi liver. Ada banyak malah.

Kebiasaan Yang Bisa Mempengaruhi Kesehatan Liver

Sering Begadang Dapat Merusak Fungsi Liver Anda, Lho… (Sumber : Google)

Mungkin, beberapa diantara Anda tidak akan percaya saat saya mengatakan bahwa kebiasaan begadang dan atau tidur larut malam dapat berpengaruh pada kesehatan liver Anda. Bahkan, jika dilakukan dengan sering bisa ikut mempengaruhi fungsinya juga.

Faktanya, begadang menjadi salah satu kebiasaan yang bisa mempengaruhi kesehatan liver Anda tanpa disadari.

Kenapa Begadang Bisa Mempengaruhi Kesehatan dan Fungsi Liver?

Tidur berfungsi untuk membantu relaksasi organ di dalam tubuh Anda, termasuk liver atau hati. Dengan begitu, mereka bisa melakukan regenerasi supaya bisa tetap berfungsi dengan baik.

Nah, saat Anda bergadang, tubuh dipaksa untuk tetap terjaga di saat proses relaksasi itu seharusnya terjadi.

Seorang ahli gizi, Rita Ramayulis DCN, MKes, mengibaratkan hati atau liver ini adalah induk untuk proses metabolisme tubuh. Jika seseorang keseringan begadang, fungsi hati ini akan terganggu.

Selain itu, liver atau organ hati ini juga membantu tubuh menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. Dan, tidur yang cukup dapat membantu proses tersebut berlangsung dengan baik.

Kebiasaan yang bisa mempengaruhi kesehatan liver tanpa di sadari lainnya meliputi:

1. Mengkonsumsi alkohol dan minuman keras lainnya

Jika Anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi alkohol maupun minuman sebangsanya, siap-siap saja organ liver Anda secara bertahap akan mengalami kerusakan dan penurunan fungsi.

Tidak hanya penyakit liver yang mengintai para penikmat alkohol, tapi juga penyakit lainnya, termasuk kanker.

Mengkonsumsi alkohol, apalagi secara berlebihan hanya akan membuat beban kerja liver semakin meningkat. Tidak hanya liver, alkohol juga bisa berdampak buruk pada organ lainnya, termasuk otak dan ginjal.

2. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak / berkolesterol tinggi

Anda penggemar gorengan dan makanan yang mengandung kolesterol tinggi lainnya, termasuk makanan bersantan mulai sekarang jangan terlalu sering mengkonsumsi jenis makanan ini, ya!

Dr. Drew Oden, seperti dikutip dari laman tribunnews.com mengatakan, jika akumulasi asam lemak jenuh dan lemak dapat menyebabkan perlemakan hati atau fatty liver.

Tidak hanya mempengaruhi kesehatan liver saja, penggunaan minyak goreng yang tidak sehat juga dapat mempengaruhi kesehatan jantung Anda, lho.

3. Melewatkan sarapan

Mungkin Anda merasa ragu, apa gerangan kaitannya antara tidak sarapan dengan kesehatan liver, kan?

Begini, sarapan itu penting. Karena, bisa membantu melindungi liver Anda dan juga membantu menetralisir zat asam di lambung.

4. Terlalu banyak mengkonsumsi obat kimia

Bagi Anda yang ketergantungan dengan obat kimia tertentu, termasuk antidepresan, Anda sebaiknya mengkonsultasikannya dengan dokter. Terlalu banyak mengkonsumsi zat kimia dapat membuat hati bekerja lebih keras untuk mengurai razun dan zat-zat lainnya yang dianggap berbahaya bagi tubuh.

Selain kondisi di atas, beberapa kebiasaan yang bisa mempengaruhi kesehatan liver Anda juga meliputi:

Kebiasaan Yang Bisa Mempengaruhi Kesehatan Liver

  • Sering mengkonsumsi soda dan munuman berkerbonasi lainnya
  • Mengkonsumsi makanan kemasan, termasuk makanan kaleng dan jus buah kemasan secara berlebihan
  • Obesitas
  • Membuat tato
  • Memakai obat-obatan terlarang, terutama yang menggunakan suntikan
  • Kebanyakan konsumsi gula
  • Merokok
  • Malas atau jarang minum air putih

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang mungkin sering dilakukan dan tanpa Anda sadari dapat mempengaruhi kesehatan liver Anda.

Apa yang harus dilakukan agar liver atau hati tetap sehat?

Untuk menjaga kesehatan dan fungsi liver Anda, Anda bisa memulainya dengan merubah kebiasaan di atas dan merubah gaya hidup Anda secara keseluruhan menjadi lebih sehat.

Jauhi alkohol, rokok, minuman bersoda, dan makanan tidak sehat lainnya. Beralihlah pada makanan yang sehat dan mengandung nutrisi yang lengkap, terutama sayuran dan buah-buahan.

Anda juga harus sebaiknya lebih rajin mengkonsumsi air putih, minimal 8 gelas sehari. Olahraga rutin 4-5 kali seminggu, tidur dengan cukup di malam hari, minimal 7-8 jam sehari, dan mengelola tingkat stres Anda.

Jika diperlukan, Anda bisa mengkonsumsi suplemen kesehatan QnC Jelly Gamat yang dibuat dari ekstrak teripang emas yang mampu memperbaiki atau meregenerasi sekaligus menjaga dan meningkatkan fungsi hati. Khasiat lengkapnya silakan KLIK artikel berikut » Cara Mengobati Penyakit Liver.

Demikianlah informasi di atas mengenai kebiasaan yang bisa mempengaruhi kesehatan liver dan juga cara mengatasinya kami sampaikan. Semoga bisa membantu Anda terhindar dari penyakit liver (Aamiin).

Posted By : www.obatjantungtradisional.com

Leave a Reply